Rabu, 17 Oktober 2018

Islamic And Java Puppet



Masjid umat islam 

      Assalamu'alaikum wrm wbr

      Agama islam dengan pakem pewayangan itu memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Satu sama lain salin diperlukan. Agama islam dengan pakem pewayangan peningalan para wali penyebar agama islam itu memiliki hubungan seperti kompas dan peta. Kedua benda itu sangat diperlukan untuk menentukan sebuah keputusan perjalanan. Orang yang memiliki pengetahuan agama islam tidak memiliki pengetahuan pewayangan seperti orang ditengah hutan rimba  memiliki kompas tidak memiliki peta. Orang yang memiliki pengetahuan agama islam dan memiliki pengetahuan pewayangan seperti orang yang memegang kompas dan peta. 

      Orang memegang kompas tidak memegang peta itu berat perjalanannya. Misalnya, ada orang dites keluar dari hutan rimba hanya dibekali kompas. Dia mengetahui arah utara, selatan, timur dan barat. Agar bisa keluar dari hutan rimba dia terpaksa berjalan dengan satu arah tujuan. Entah apapun yang dia hadapi terpaksa hanya satu arah tujuan yang dituju atau dijalani. Mungkin nanti melewati jurang yang sangat dalam, tebing yang terjal dll. Semuanya harus dilewati dengan satu arah tujuan. Memegang kompas bukan berarti jaminan keselamatan, hanya tahu arah. 

      Bedakan dengan yang memegang peta dan kompas. Misalnya ada orang dites kelusr dari hutan rimba dengan membawa kompas dan peta. Dia bisa lebih mudah menentukan atau mengambil keputusan jalan mana yang dipilih. Dengan memegang kompas dia tahu arah utara, selatan, timur dan barat. Dengan memegang peta dia mengetahui mana jalan yang berbahaya untuk dilewati dan mana yang ringan resikonya. Singkatnya, orang yang memegang peta dan kompas lebih ringan perjalanan hidupnya dibanding orang yang hanya memegang kompas apalagi tidak punya kompas dan peta. 

      Buat umat islam, saran saya tidak usah kawatir dengan tuduhan wayang itu sirik. Wayang itu tidak sirik. Memang bisa saja diartikan dengan pengertian sirik. Kalau ada yang mengartikan wayang dengan pengertian sirik jauhilah orangnya dan jangan dibaca hasil karyanya. Itu pertimbangan untuk keselamatan dunia dan akherat. 

      Dari saya cukup sekian, semoga keterangan saya bermanfaat. Aaammiiiiiinnn. Assalamu'alaikum wrm wbr. 

      Tertanda 

      Jaka Pingit / Joko Pingit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Calon Pemimpin

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya sampaikan petunjuk ini hasil dari mempelajari pewayangan. Dalam hal memilih seorang...