Minggu, 01 September 2019

Pandowo Dan Kurowo

   


     Assalamu'alaikum wrm wbr. Kalau saya cermati perkembangan keadaan Indonesia saat ini memang sudah sangat mirip dengan cerita pewayangan. Seandainya cerita terjemah pewayangan diceritakan saat ini mungkin masyarakat banyak yang bisa menerima terjemah pewayangan. Tapi entah sampai kapan terjemah pewayangan ini tetap tertunda, hanya Allah swt yang tahu. Apa hikmah dibalik tertundanya terjemah pewayangan tersebar dimasyarakat? 

      Masyarakat sudah banyak yang tahu kalau cerita perang barata yudha itu adalah! perang antara kejahatan dan kebenaran. Blok pandowo adalah blok pejuang kebenaran sedangkan blok kurowo adalah blok pelaku kejahatan. Agar tidak terjerumus kedalam kekalahan dan penderitaan yang menyakitkan, saya sampaikan petunjuk membedakan antara pandowo dan kurowo. 

      Pandowo

      Pandowo berasal dari kata pandu uwo artinya anak didiknya pandu. Prakteknya adalah orang yang mengikuti bimbingan atau pengarahan dari BJ Habibie. Pandowo ada lima tapi setelah dikaji dengan seksama bisa dikatakan empat bisa dikatakan lima. 

1. Puntodewo, Susilo Bambang Yudhoyono dan team P4 yang dibentuk olehnya. 

2. Brotoseno, Tentara Nadional Indonesia.

3. Janoko, orang islam yang menjalani agama bertujuan mencari surga. 

4 & 5. Nakula dan Sadewa, orang yang memiliki simpati pada negara Rusia atau fansboy Russia. Fansboy Russia dibagi menjadi dua, ada penyebar berita jujur dan ada penyebar hoax. 


      Kurowo

      Kurowo berasal dari kata kurupati uwo yaitu orang yang menjadi teman seperjuangan penguasa bayangan negara Timor Leste. Keberadaan mereka saat ini memang tidak tampak jelas. Istilah dalam pewayangan, mereka masih didalam kendi pertolo atau tersimpan dibawah tanah. Siapakah penguasa bayangan di Timor Leste? Coba kita ingat lagi cerita tentang jajak pendapat di Timor Leste. Dimasa presiden Indonesia saat itu BJ Habibie, pernah ada perintah agar Indonesia melakukan referendum di Timor Leste. Perintah referendum itu kemudian dilaksanakan menjadi jajak pendapat. Yang sangat ambisius agar dilakukan referendum adalah pemerintah Amerika Serikat dan Australia. Pemerintah Amerika Serikat inilah yang kemudian diceritakan sebagai Kurupati dan dari Australia ada penokohan sengkuni. Ringkasnya, yang dimaksud dengan kurowo adalah pemerintahan yang mendukung lepasnya Timor Timor. Penokohan sengkuni cara mencarinya juga sudah ditunjukkan dalam pewayangan. Ciri-cirinya adalah 

1. Dia orang yang menunjukkan rasa kasih sayang yang berlebihan. 

2. Dia pernah mengakui dirinya wakil Amerika Serikat di Asia tenggara. 

3. Bisnisnya diantaranya adalah mafia pengeruk kekayaan alam. 


      Dari saya cukup sekian dulu, insya Allah disambung lagi lain kali. Semoga keterangan yang saya sampaikan ini memberikan manfaat dan barokah. Aaammiiiiinnn. Assalamu'alaikum wrm wbr. 

      Tertanda 


      Jaka Pingit  /  Joko Pingit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Calon Pemimpin

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya sampaikan petunjuk ini hasil dari mempelajari pewayangan. Dalam hal memilih seorang...