Minggu, 01 September 2019

Gunung Emas Atau Emas Menggunung

       Assalamu'alaikum wrm wbr. 

       Saya tulis artikel ini sekedar menyampaikan pendapat atau penafsiran tentang gunung emas yang ada disungai eufrat di Iraq. Semoga keterangan yang saya sampaikan ini bermanfaat. 

      Dalam hadist diceritakan suatu saat nanti setelah sungai eufrat mengering, akan tampaklah gunung emas, dan akan muncul emas sebesar tiang. 

      Saya sendiri sampai saat ini belum bisa memahami, bagaimana ceritanya setelah sungai mengering akan muncul gunung emas. Kalau digunung ada sungai itu hal yang biasa. Tapi kalau disungai muncul gunung itu menurut saya adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Saya yakin kata-kata gunung emas itu adalah kata-kata kiasan. Sebab kalau gunung emas itu diartikan dengan pengertian yang sesungguhnya, tidak mungkin ada gunung didalam sungai. Tidak mungkin gunung muncul setelah surutnya sungai. Dengan pertimbangan ini saya yakin yang seyakin-yakinnya kalau gunung emas itu memiliki arti kiasan / perumpamaan. 

      Ada lagi perkataan yang menurut saya tidak masuk akal atau membingungkan. Setelah sungai eufrat mengering akan muncul emas sebesar tiang. Menurut perkiraan saya, kemungkinan disungai eufrat itu ada harta karun berupa emas batangan bukan tambang emas. Biasanya, emas yang ada dialam itu berupa butiran atau bongkahan. Kalaupun ada orang yang menemukan bongkahan emas itupun sangat jarang. Apalagi emas dialam atau dari pertambangan yang muncul berbentuk seperti tiang bangunan menurut saya terasa mustahil. 

      Saya yakin disungai eufrat itu terdapat emas batangan sebesar tiang bangunan. Dijaman nabi Muhammad saw, dulu orang Mekah membuat bangunan banyak yang menggunakan pohon kurma sebagai tiang bangunan. Jadi emas  batangan disungai eufrat itu kemungkinan berbentuk batangan yang besarnya batangan emas itu sebesar pohon kurma.

      Keterangan tentang emas disungai eufrat yang lebih masuk akal menurut saya adalah sebagai berikut. Kemungkinan disungai eufrat terdapat emas batangan yang besarnya batangan emas itu sebesar pohon kurma. Emas itu saat ini posisinya kemungkinan berada disepanjang aliran sungai eufrat kuno. Emas batangan sebesar tiang atau pohon itu adalah bahan bangunan yang diangkut malalui sungai yang tenggelam disungai eufrat. Atau barangkali emas batangan itu sengaja ditenggelamkan disungai eufrat. Emas batangan itu kemungkinan jumlahnya sangat banyak. Seandainya dikumpulkan disuatu tempat dan ditumpuk menjadi satu akan menjadi tumpukan yang tinggi. Tumpukan yang tinggi itu istilah peribahasanya adalah menggunung. Singkatnya adalah, gunung emas itu kemungkinan tidak ada. Sebab yang dimaksud gunung emas adalah gunung yang memiliki kandungan emas yang banyak sehingga perlu ditambang dulu untuk mendapatkan emasnya. Yang ada adalah emas yang menggunung. Maksudnya adalah disungai eufrat terdapat emas batangan yang besarnya batangan emas itu sebesar batang pohon kurma yang kalau ditumpuk sangat banyak hingga bagaikan gunung. Istilah peribahasa emas itu menggunung. Semua itu adalah perkiraan atau penafsiran saya. 

      Cara mencari emas batangan itu secara teori adalah sebagai berikut. Dicari atau ditentukan dulu aliran sungai eufrat itu ada dimana? Sebab sungai itu kadang daerah alirannya bisa berubah. Mungkin saja daerah aliran sungai eufrat dimasa lalu dengan masa kini tidak sama. Setelah daerah aliran sungai eufrat bisa diketahui, barulah nanti emas itu dicari menggunakan detektor metal disepanjang aliran sungai eufrat kuno. Insyaallah emas itu bisa ditemukan. 

      Artikel ini saya buat menurut keyakinan saya. Bagaimanakah kepastian hasilnya? Wallahu a'lam. Apabila penafsiran saya ini salah, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

      Dari saya cukup sekian dulu, semoga keterangan saya bermanfaat dan barokah. Aamiin aamiin aamiin ya rabbal'aalamiin. Assalamu'alaikum wrm wbr. 

      Tertanda 

 

      Jaka Pingit / Joko Pingit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Calon Pemimpin

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya sampaikan petunjuk ini hasil dari mempelajari pewayangan. Dalam hal memilih seorang...