Minggu, 01 September 2019

Kemunculan Kasta

    


  Assalamu'alaikum wrm wbr. Di negara India saat ada penerapan kasta. Yang membuat sebagian orang merasa sakit dihati. Sedangkan untuk ditingkat internasional saat tidak ada yang namanya kasta. Tapi menurut jongko, suatu saat nanti didunia ini akan terjadi fenomena kemunculan kasta. Memang tidak ada aturan internasional yang berisi penerapan kasta. Kemunculan kasta atau status sosial dimasyarakat kemungkinan hanya terjadi pada sebagian orang. 


      Kasta brahmana

      Kronologi kemunculan kasta. Kasta nanti akan muncul karena adanya pertimbangan tertentu. Misalnya saja kemunculan kasta brahmana. Kata brahmana itu berasal dari kata Ibrahim, atau tepatnya yang dimaksud adalah nabi Ibrahim as. Kasta brahmana atau golongan brahmana atau golongannya nabi Ibrahim as nanti akan menjadi golongan yang paling dihormati. Kasta brahmana atau ummat islam yang benar-benar menerapkan agama islam yang sesungguhnya nanti akan menjadi orang yang paling dihormati. Golongan islam menerapkan agama islam yang sesuai dengan petunjuk yang diridhoi oleh Allah swt. Yang dimaksud dengan diridhoi oleh Allah swt adalah dalam menerapkan agama islam itu sesuai dengan zamannya. Ummat islam ini dalam urusan pernikahan atau mencari jodoh, dia mencari jodoh ya sesama ummat islam. Inilah yang dimaksud dengan kasta brahmana pasangannya dari kasta brahmana. Jadi permasalahan kasta itu nanti insyaallah tidak diatur oleh pemerintahan dunia, tapi memang nanti akan ada sungguhan. 


      Kasta sudra 

      Kasta sudra atau kasta yang rendah. Kata sudra berasal dari kata sudiro atau orang yang berbuat kejahatan atau pelaku kejahatan. Kasta sudra atau golongan pelaku kejahatan nanti akan menjadi golongan yang rendah atau hina dimasyarakat. Contoh yang mudah untuk dimengerti. Ada seseorang yang saat ini menjadi pelanggar hukum kelas berat. Misalnya menjadi koruptor kelas kakap. Suatu saat nanti setelah terwujudnya pemerintahan dunia yang baru, orang seperti ini akan dipandang sebagai  orang memiliki martabat yang rendah dimasyarakat. Karena dikenal sebagai orang yang memiliki martabat rendah dimasyarakat, permasalahan ini berimbas pada permasalahan kekeluargaan atau perjodohan. Logikanya sebagai berikut, orang yang mencari jodoh tentunya juga memikirkan harga diri dari calon pasangannya. Sebab kalau sampai mendapat jodoh yang bermartabat rendah, dia juga akan ikut merasakan jadi orang rendahan. Misalnya, si A orang yang dikenal memiliki nama yang baik dimasyarakat kemudian menikah dengan si B anak seseorang yang dikenal sebagai maling, dia juga akan ikut merasakan perasaan hati yang tidak enak sebab memiliki mertua mantan maling. Kalau tidak mau merasakan jatuh harga dirinya ya terpaksa mencari jodoh orang yang dikenal memiliki martabat yang baik dimasyarakat. Akibatnya seseorang yang memiliki martabat rendah akan kesulitan mendapat jodoh dari kalangan orang yang terhormat. Singkatnya, manusia yang berakhlak buruk akan lebih mudah mendapat jodoh dari orang yang berakhlak buruk. Inilah yang dimaksud dengan kasta sudra pasangannya dari kasta sudra. 

      Saya rasa cukup dua kasta ini saja yang dijelaskan. Kasta yang lain tidak terlalu diperlukan penjelasannya. Mungkin dengan penjelasan yang saya sampaikan ini bisa membawa manfaat bagi ummat manusia mumpung belum terjadi hukum pembalasan atau karma. Untuk para pelaku kejahatan masih ada waktu untuk memperbaiki diri untuk bertaubat. Sebab kalau sampai terjadi hukum pembalasan dan tidak ada keinginan bertaubat, pelaku kejahatan akan barnasib seperti ceritanya kasta sudra. Itupun kalau beruntung masih hidup jaman terbentuknya pemerintahan dunia. Ingat!!!  Sak bejo - bejone wong sing lali isih bejo wong kang iling lan waspodo. 

       Dari saya cukup sekian keterangan jongko yang saya sampaikan. Insyaallah keterangan ini bermanfaat untuk orang yang ingin selamat didunia dan akherat. Assalamu'alaikum wrm wbr. 

      Tertanda


      Jaka Pingit / Joko Pingit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Calon Pemimpin

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya sampaikan petunjuk ini hasil dari mempelajari pewayangan. Dalam hal memilih seorang...