Selasa, 25 September 2018

Jauh Dekatnya Perang Dunia






Assalamu'alaikum wrm wbr. Saya sampaikan petunjuk ini dari sudut pandang pewayangan. 


      Jauh dekatnya perang dunia konon yang paling mudah melihatnya dengan melihat perbandingan arus investasi. Berapa yang mengalir ke Amerika Serikat dan berapa yang mengalir ke Indonesia. Selama jumlah investasi yang mengalir ke Amerika Serikat masih lebih banyak, konon Amerika Serikat masih bisa menahan rasa emosi atas penurunan ekonominya. Tapi ketika arus investasi yang mengalir ke Indonesia lebih besar di banding yang Amerika Serikat, mereka jadi tidak kuat menahan rasa sakit hati. 


      Kejadian ini baru diketahui setelah Amerika Serikat mengalami kekalahan dalam perlombaan idiologi dunia. Ada dua kekalahan yang dialami Amerika Serikat; satu kalah dalam urusan investasi dua kalah dalam perlombaan idiologi dunia. 


      Meskipun AS kalah dalam perlombaan idiologi dunia, tetapi AS tetap tidak mau meninggalkan idiologi liberalis kapitalis. Dengan alasan adanya kecurangan dalam perlombaan idiologi, AS memilih menyelesaikan permasalahan dunia dengan perang tanding. Saat itu dunia sudah terpecah menjadi dua golongan besar, antara pemilih idiologi AS dan idiologi Indonesia. 


      Kalau diteliti dari sudut pandang pewayangan, pilihan menuntaskan permasalahan dengan perang itu menguntungkan bagi Amerika Serikat. Perves Musyaraf dalam pewayangan diceritakan sebagai sri Kresno. Tugasnya semasa perlombaan idiologi dan perang dunia adalah sebagai promotor. 

      Apabila menang melanjutkan kediktatoran, kalau kalah hutang luar negerinya diserahkan kepemerintahan dunia. Dalam prediksi perang dunia dimenangkan pendukung idiologi Pancasila. Tapi saya kok merasakan kalau kalah perang susah menghadapi berlanjutnya kediktatoran, kalau menang rasanya tetap susah menghadapi penyerahan  permasalahan yang ditinggalkan Amerika Serikat. 


      Sedang penyesaian dunia dengan perang tanding nanti kalah menang biaya ditanggung sendiri-sendiri. Yang kalah tida dibebani biaya perang tanding. Yang menang tidak boleh meminta biaya perang dari yang kalah. Bagaimana dengan kerusakan harta benda milik sipil diluar target perang? Nanti ada pembahasan lebih lanjut.


      Dari saya cukup sekian semoga bermanfaat dan barokah. Aammiiiin. 


      Tertanda


      Jaka Pingit / Joko Pingit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Calon Pemimpin

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya sampaikan petunjuk ini hasil dari mempelajari pewayangan. Dalam hal memilih seorang...