Minggu, 16 Desember 2012

Apakah Amerika Murid Belanda


Apakah Amerika Murid Belanda ???
Assalamu'alaikum wrm wbr
Artikel saya kali ini membahas permasalahan mirip kejadian yang pernah dialami bangsa Indonesia dimasa penjajahan dulu.
Dalam tokoh pewayangan diceritakan, Raden Citra Gada selalu bersama Raden Citra Rata. Kalau Citra Gada sepertinya mengarah pada penokohan LSM atau mungkin oknum dalam pemerintahan di Amerika Serikat, maka Cira Rata mengarah pada LSM atau mungkin juga oknum pemerintahan di Belanda.
Coba kita renungkan sebentar nadi yang pernah dialami bangsa Indonesia dimasa penjajahan Belanda dulu. Belanda berhasil menguasai nusantara dengan politik pecah belah dan kuasai. Sikap ini kalau dicermati mirip yang dilakukan oleh Amerika Serikat didunia saat ini. Adakah keinginan Amerika Serikat untuk menjadi penguasa tunggal didunia ini. Kalau ini benar, maka bangsa Indonesia dan dunia harus belajar terhadap sikap penjajah belanda di nusantara ini dimasa lampau. Barangkali dengan belajar kejadian dimasa lampau bisa memetik hikmah agar dunia tidak dikuasai Amerika Serikat seperti Belanda menguasai nusantara dimasa lampau.
Apabila dilihat dari sikap Amerika yang selalu melakukan pecah belah terhadap negara yang tidak mau tunduk padanya dan kebiasaan Amerika Serikat meminta bantuan terhadap negara sahabat untuk mencapai tujuannya, jelaslah sikap ini seperti sikap Belanda masa lalu dinusantara ini. Apabila negara yang tidak mau tunduk tadi melakukan perlawanan, yang dihadapi justru negara lain atau bahkan negara tetangganya sendiri. Sedangkan Amerika Serikat tetap berada dibelakang. Setelah negara sahabat tidak mampu, barulah dia terjun mengerahkan pasukan perangnya dengan keroyokan.
Mungkinkah Amerika telah belajar dari Belanda, bagaimana caranya Belanda mengusai nusantara yang sangat luas? Mungkinkah pengalaman Belanda dalam menguasai nusantara ini dipraktekkan oleh Amerika Serikat untuk mengusai dunia. Kalau memang benar, pelajarilah sikap penjajah Belanda dimasa lampau untuk mengantisipasi sikini Amerika dimasa kini.

Semoga keterangan saya ini bermanfaat dan barokah. Aamiiiiinn.
Assalamu'alaikum wrm wbr.

Tertanda
Jaka PingitPingit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar