Minggu, 16 Desember 2012

Tokoh Bidang Pewayangan


Tokoh Bidang Pewayangan

Assalamu'alaikum wrm wbr
                Artikel ini menceritaan tentang orang-orang yang terlibat begitu kuat dengan hal-hal yang berhubungan dengan pewayangan. Dalam pewayangan diceritakan, orang yang terlibat dalam hal pewayangab mulai dari wayang diterjemahkansederhana,  diterjemahlan lebih detail sampai dengan penerapan itu ada tiga. Kwtiganya diceritakan sebagai raden Samba, bethara Krisna dan dyah Sumbadra.  Keterangannya sebagai berikut;
1              Samba, berasal dari kata sarwa mbagusi yang artinya banyak orang yang bersikap baik terhadap penokohan wayang ini. Dia memang yang memiliki ilmu terjemah pewayangan meskipun tidak detail. Dialah sebenarnya si Satrio Piningit. Ada dua hal yang dikuasai Satrio Pinongit hingga akhirnya dia menjadi orang kuat didunia. Yaitu masalah keuangan dan politik. Adapun untuk masalah poliyik, pengetahuan SP memang tidak detail. Untuk lebih detailnya diserahkan pada team yang bernama Wara Sumbadra.
2              Sumbadra, sepengetahuan saya berasal dari kata sarwa mbagusi drajat. Sebab ada dia nama LDII semakin menanjak. Dia mempunyai nama lain Rara Ireng, yang artinya orang gelap. Disebut orang gelap karena perkumpulan ini nanti tidak akan diresmikan, tapi benar-benar ada. Sangat terasa hasil kerjanya, adanya orang-orang yang terlibat tapi tidak pernah diresmikan.
3              Sri Kresna, dia nanti menempati sebagai orang yang mengetuai penerapan ilmu pewayangan yang telah diperjelas pembahasannya oleh Sumbadra. Dia mempunyai nama panggilan jlitheng yang artinya si hitam, yang maksudnya si (pimpinan) gediresmikanut jlitheng sebab dia menjadi pemimpin penerapan ilmu pewayangan yang team penerangannya tidak pernah diresmikan. diresmikanuSedangkan dia sendiri memimpin penerapan pewayangan juga tidak pernah diangkat secara resmi. Tandatanda dari orang ini mengarah pada jenderal purnawiawan Perves Musyarraf dari Pakistan.

Semoga keterangan saya bermanfaat dan barokah. Aamiiiin.
Assalamu'laikum wrm wbr.

Tertanda
Jaka Pingit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar