Rabu, 30 Maret 2011

Tiga Begawan

Assalamu'alaikum wrm wbr

Dalam pwayanga ada tiga begawan yang mempunyai pengaruh yang kuat. tiga begawan itu adalah begawan mintaraga, begawab abyasa dan begawan bhisma.

1) Begawan Mintaraga, berasal dari kata min (amin/ aman / selama) ta (perhatikanlah) raga (badan), maksudnya dia akan selamat apabila jati dirinya dirahasiakan. Orang-orang ini adalah ulama-ulama mekah-madinah penganut faham wahabi yang memiliki keamiran. Dia akan selamat jati dirinya apabila mau merahasiakan perkumpulannya. Dia terpajsa merahasiakan jati dirinya semenjak raja Faisal menerapkan embargo perminyakan yang mendapat dukungan kuat dari ulama-ulama wahabi. Tapi dalam perkembangannya Raja Faisal kemudian terbunuh. Pembunuhan Raja Faisal ini masih ada hubungannya dengan masalah sakit hatinya negara-negara barat akibat embargo minyak. Raja Faisal terbunuh, semua pendukung raja Faisal juga banyak yang terbunuh. Golongan penganut faham wahabi yang memiliki keamiran ni masih ada tetapi terpaksa merahasiakan jati dirinya (mintarag).

2) Begawan Abyasa, berasal dari kata abi (bapak) yasa (usaha), maksudnya adala bapak-bapak yang berusaha keras menyebarkan agama islam yang sekarang berkembang menjadi LDII. Ulama-ulama seniornya dalam pewayangan dikatakan Abyasa. LDII dalam pewayangan dikatakn Janaka. Antara LDII dengan ulama-ulama wahabi mekah itu memiliki hubungan yang dekat, karena memang orang LDII sampai saat inipun masih banyak belajar agama islam dari ulama mekah. Kejadian ini dalam pewayangan diceritakan Janaka ciptaning (muridnya) Mintaraga. LDII adalah agama islam beraliran wahabi sama dengan wahabi kerajaan saudi, karena hidup dinegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 jadi masalah penerapan syariat islam dikerjakan semampunya. Tidak perlu memaksakan diri harus bisa menjalankan semua syariat islam.

3) Begawan Bhisma, asal kata bisa (bisa / kok jadi) ma (mokong / mbalelo). Ulama-ulama ini adalah ulama islam yang kemudian mokong / mbalelo, gara-gara dirinya diceritakan ulama yang jelek dalam pewayangan, ulama yang berpihak pada amerika serikat dalam perlombaan idiologi dan masih banyak lagi keterangan tentang dirinya dalam pewayangan. Ulama ini adalah ulama2 dari golongan Nahdatul Ulama yang pernah ditugaskan belajar keluar negeri. Nanti golongan ulama ini akan diangkat oleh amerika serikat sebagai ulama dunia, semenjak saat itu namanyapun jadi bersinar. Disebut juga sebagai resi surya ndadari (namaya berkibar bagaikan matahari terbit).
Dia nanti akan melakukan wahdat / tidak berpasangan maksudnya akan jadi golongan kyai yang exlusif / sendirian.

Semoga keterangan saya ini bermanfaat
Assalamu'alaikum wrm wbr

Tertanda
Jaka Pingit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar