Rabu, 30 Maret 2011

Tentara Nasiosal Indonesia / TNI

Assalamu'alaikum.

TNI dalam pewayangan diceritakan sebagai barataseno, yang mempunyai arti orang yang diceritakan akan jaya dalam perang melawan negara-negara barat. Dalam pewayangan TNI dibagi menjadi tiga golongan; yaitu anta rejo, anta seno dan gathot kaca. Ketiga nama tadi semuanya memiliki dua pengertian.

1) Anta rejo memiliki pengertian pertama, kamu adalah rajanya angkatan darat dalam perang tanding perang dunia nanti. pengertian kedua adalah kamu adalah rajanya mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan masyarakat langsung. karena golongan ini langsung terjun berhubungan dengan masyarakat, bergaul erat dengan masyarakat dikatakan sebagai satrio jangkar bumi yang maksudnya dia adalah orang-orang yang oleh masyarakat dipanggil dengan panggilan njanggkar. Ibunya bernama naga gini maksudnya adalah, dalam hal urusan agama dia adalah golongan orang islam yang tidak mendalami agama dengan sesungguhnya agama islam.

2) Anta seno memiliki pengertian pertama, kamu adalah angkatan laut yang kuat / menangan dalam perang dunia nanti. Sedangkan pengertian kedua adalah kamu adalah orang yang memiliki kedudukan tinggi. disebut juga satrio panggombakan, yang berasal dari kata angga / besar. Jadi yang dimaksud dengan anta seno adalah petinggi-petinggi TNI. Ibunya bernama urang ayu yang berasal dari kata ora ayu yang mempunyai maksud, dalam hal urusan agama islam dia adalah golongan yang kurang memahami agama islam dengan sesungguhnya/ awam dalam hal agama islam atau bisa juga anggota TNI non muslim.

3) Gathot kaca memiliki pengertian pertama, orang yang kuat / penting yang bisa jadi contoh (ngaca) bagi masyarakat. Gathot kaca memiliki kelebihan bisa diatas angin maksudnya dia adalah angkatan udara. Pengertian kedua adalah orang yang berhubungan dengan orang-orang atasan atau orang yang jadi perhatian masyarakat, menonjol dibandinggkan dengan anggota TNI lainya. Menonjol dibandingkan yang lainnya istilah dalam pewayangan dikatakan bisa terbang/ diatas angin/ menangan. Pengertian kedua, gathot kaca adalah orang yang jadi perhatian masyarakat karena memang menonjol pengaruhnya dan dia bisa jadi contoh dimasyarakat.
Jadi kalau ada anggota TNI yang mendapat tugas berhubungan dengan pejabat-pejabat yang apabila ditinjau dari segi akhlak baik dialah yang dimaksud dengan gathot kaca. Nanti dia akan jadi penghalang utama bagi pentagon atau depatemen luar negeri Amerika serikat (prenggo ndanu) yang ingin menguasai dunia. Apabila diartikan gathot kaca adalah angkatan udara nanti akan memiliki pengertian kalau angkatan udara Indonesia akan jadi angkatan udara terbaik didunia dalam perang dunia perang tanding. Gathot kaca ibunya bernama arimbi yang berasal dari kata arum, maksudnya adalah dia berasal dari golongan umat islam yang memiliki nama yang harum dimasyarakat. Gurunya bernama begawan sidi mulya maksudnya dia adalah orang islam yang memiliki ustad-ustad yang benar-benar memuliakan agama islam.

Ketiga golongan ini nanti sama-sama memperjuangkan pancasila dalam pewayangan diceritakan barata seno mempunyai senjata kukupancanaka (lima sila adalah senjata yang sangat ampuh untuk menghadapi manusia yang durhaka).

Semoga keterangan saya bermanfaat. aamiiiin

Tertanda
Jaka Pingit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar