Rabu, 30 Maret 2011

Timor Leste

Assalamu'alaikum wrm wbr

Negara timor leste adalah negara kecil yang dulu pernah mengalami peristiwa berdarah, selanjutnya dalam pewayanyagan diceritakan sebagai kurupati yang artinya wilayah kecil yang pernah terjadi peristiwa kematian.

Negara timor leste apabila ditinjau dari sudut pandang pewayangan yang jadi pengaturnya adalah amerika serikat. jadi amerika serikat adalah penguasa timor leste yang sesungguhnya. karena jadi penguasa timor leste yang sesunggunya pemerintah amerika dalam pewayangan diceritakan sebagai prabu kurupati. meski dalam pelaksanaannya amerika serikat terpaksa memanfaatkan orang dari australia jadi wakilnya dalam pelaksanaan. karena jadi wakilnya amerika serikat dalam pewayangan dikatan patih sengkuni. amerika dan australia ingin menguasai timor leste karena ingin menguasai minyaknya dalam pewayangan diceritakan kurupati dan sengkuni merebut lisah tala (minyak dari dalam tanah) yang telah dibawa bratasena.

Negara-neegara yang turut membantu amerika melepaskan timor leste dari indonesia dalam pewayangan diceritakan sebagai kurawa. dari kata kurupati uwa yang artinya saudara-saudaranya / temannya pemerintah amerika serikat.

Dalam pewayangan lisah tala dilempar oleh destrarastra, maksudnya timor leste lepas dari NKRI secara sah disahkan oleh Gus Dur presiden Indonesia waktu itu.

Adapun dalang bumi hangus di timor leste dalam pewayangan diceritakan sengkuni. Jadi perintah bumi hangus di timor leste itu memang ada, asalnya dari australia. Kemudian dituduhkan kalau perintah bumi hangus itu dari Indonesia yang akhirnya menyebabkan nama Indonesia jatuh dimata dunia. Kejadian ini dalam pewayangan diceritakan sengkuni dan kurawa membunuh pandawa. Sejak saat itu keadaan bangsa Indonesia jadi tidak menentu, istilah dalam pewayangan pandawa dibuang dihutan.

Semoga keterangan saya ini bermanfaat.
Assalamu'alaikum wrm wbr

Tertanda
Jaka Pingit

1 komentar: