Rabu, 12 Mei 2010

Lampahan Puntadewa Lahir

JP – 11 Puntadewa lahir

PUNTADEWA LAHIR

1 Jejer ing nagari Ngastina, Prabu Krisna Dipayana, mios ing pancaniti, ingkang samiwi putra Arya Prabu Drastarastra, twin para Pandu Dewanata, miwah Arya Widura, ingkang mungging ngarsa nata dahyang Asmara Santa**1. Ingkang rinembag anggalih putra Dewi Kunthi Nali Branta anggening anggarbini sampun wanci dereng ambabar**2. Kasuru sowanipun patih Jaya Prayitna. Angirid Arya Prabu Bismaka ingutus kang raka Prabu Basudewa, atur uninga, Praja mandura kadatengan parangmuka ing garba sumanda**3, matur nyuwun sih wilasa : kang paman Prabu Krisna Dipayana kaparengna anuwun angampil putra kakang Arya Prabu Pandu Dewanata**4. Sri Krisna Dipayana sampun maringaken Arya Prabu Pandu Dewanata dinawuhan sandika**5. Arya Prabu Bismaka kadawuhan pangkat rumiyen lajeng amit rinillan pangkat, sang nata kondur ngadaton kaderekaken kang putra Arya Pandu Dewanata.

Kamus
Punta Dewa;
Punta = mumpuni nata, kuat menata bangsa Indonesia
Dewa = gede dawa, orang terpandang berpengetahuan luas
* Orang yang mampu menata bangsa Indonesia dari keadaan terpuruk dan orang itu memang orang yang pandai dan terpandang

Widura = Wulan Ndadari;
Wulan = (seindah) bulan
Ndadari= purnama
*Orang yang berkumpul dalam sebuah wadah LSM yang dibentuk oleh Habibie (Habibie Center)

Garba Sumanda;
Garba = yang ditempati
Sumanda = sedikit-sedikit ada pengaruh
*Sebuah golongan / partai yang sedikit-sedikit ada pengaruh kalau golongan / partai itu adalah partai / golongan dia.

Bismaka;
Bis = biso
Moko = mokong, mbalelo, beroposisi, berseberangan
*Warga negara AS yang pro terhadap Indonesia dan berseberangan dengan kebijakan / tidak setuju dengan kebijakan presiden AS.

Ari Nata Arya Endra Yaksa;
Ari Nata = wakil pimpinan
Endra = narendra, pemimpin
Yaksa = buta, jahat
*Wakil dari pemimpin dan dia itu mempunyai sifat yang jelek/jahat

Maera = Ma Khaira (bhs arab);


Terjemah
Munculnya Pemimpin yang Mumpuni Menata

1 Indonesia adalah sebuah negara yang posisinya ada dipersimpangan dua benua dan dua lautan. Masyarakatnya jadi penerima tamu bagaikan penerima tamu di pintu gerbang (Astinopura / Asta ning Gapura). Memiliki seorang pemimpin / kyai / amir yang selalu menyenangkan dimata para santrinya / bangsa Indonesia (Krisna Dipayana). Di Indonesia ada juga mantan pemimpin yang sewaktu dia sangat banyak kritikan / cercaan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Di Indonesia ada juga sebuah perkumpulan / yayasan yang mempunyai nama yang baik di masyarakat, sebaik / seindah bulan purnama dimalam hari (Wulan Ndadari / Widura). Di Indonesia ada juga seorang pembantu yang keberadaannya samar - samar. Dikatakan ada tapi oleh warga LDII keamiran itu dikatakan tidak ada. Meskipun warga LDII mengatakan tidak ada / tidak memiliki amir, tapi masyarakat kalau mau meneliti dengan seksama akan tahu bahwa sesungguhnya keamiran di LDII itu ada (Dahyang Asmara Santa).
2 Mereka semuanya sedang menunggu kemunculan seorang pemimpin yang dulu pernah dititipkan / belajar di AS (Kunti). Saat itu dia dan teman-temannya keadaannya sedang keronto-ronto / memprihatinkan (Nali Branta).
# Keadaan anggota TNI yang pernah belajar di AS saat ini menurut pewayangan keadaannya sedang keronto-ronto. Maksudnya keronto-ronto, apabila mereka memperhatikan nasib bangsa Indonesia saat ini mereka akan merasa nelongso / keronto-ronto / pedih di hati.
3 Kemudian ada kabar dari orang yang bertugas dibagian kewaspadaan / keamanan (jaya prayitna), orang itu disertai / didukung oleh orang AS yang pro NKRI memberitahukan kalau ada orang dari partai yang telah ditinggalkannya (golkar) menghubungi / mendatangi AS agar Yudhayana tidak jadi presiden.
# Ada orang dari partai Golkar yang terlibat korupsi berusaha menggagalkan SBY ketampuk kepresiden masa jabatan yang pertama.
4 Orang dari AS juga meminta doa restu pada keamiran LDII masalah usahanya meminta bantuan ke Habibie.
# Saya tidak belum bisa menjelaskan hal ini!
# Disini spertinya ceritanya adalah; sewaktu mendekati pilpres th 2004. Ada orang dari partai Golkar yang terlibat korupsi ingin menggagalkan SBY dari kursi kepresidenan. Untuk menggagalkan SBY orang itu minta bantuan ke pemerintah AS. Pemerintah AS tidak mengabulkan, sipeminta tetap ngotot. Kemudian pemerintah memanfaatka Habibie untuk menghentikan oknum partai Golkar yang terlibat korupsi itu.
5 Keamiran LDII menyetujui / merestui dan Habibie juga setuju.



2 Madeg ing gupit Mandragini sang padmi wara Dewi Ambiki, kang enem Dewi Ambaini. Lenggah ing praba suyasa, ingadep para parekan jethi anulya kondorira narendra Prabu Krisna Dipayana, pinethuk ing garwa**1. Arya Prabu Pandu tan pisah kang rama, satata lenggah**2. Sri Krisna Dipayana angandika mring garwa, anggening anggarbini kang putra Dewi Kunthi Nali Branta sampun wanci, kinen ngalempak ing Pura, sarta kaki Pandu Dewanata pininta sraya maring Mandura**3. Arya Prabu Pandu Dewanata lajeng rinangkul kang Paman Resi Wara Bisma maring pratapan ing Giri Purna, sandika**4. Kang putra amit rinillan pangkat ingiring Dahyang Asmara Santa saanakira**5.

Kamus

Terjemah
1 Sedangkan keamiran bersama dengan mitra politiknya terus menjalin komunikasi. Mitra politiknya adalah orang yang dulu pernah menjadi anggota kabinet dimasa pak Harto (ambiki, ambaini).
2 B J Habibie sendiri terus menjalin hubungan yang erat dengan keamiran LDII.
3 Saat ini sudah dekat waktunya munculnya pemimpin yang mumpuni, semuanya diminta memperhatikan. Saat itu Habibie sendiri sedang mendapat tugas / amanat dari Amerika Serikat. Amerika Serikat sendiri adalah sebuah negara yang menjadi pelindung zionis / manusia yang durhaka (mandura).
# Amerika menjadi bekingnya zionis dalam pewayangan diceritakan sebagai negara yang durhaka (mandura). Sedangkan mandura sendiri adalah zionisme.
#Coba diteliti kunjungan presiden BJ Habibie ke Amerika Serikat.
4 Sebelum membantu AS, BJ Habibie didekati oleh Kyai langitan / ulama sepuh NU (Wara Bisma).
5 Apa yang dikerjakan oleh Habibie mendapat dukungan dari keamiran dan warga LDII lainnya.
#Yang dimaksud dengan Garba Sumanda adalah orang / golongan yang ada hubungannya dengan SBY meskipun hubungan itu hanya sedikit-sedikit. Antara SBY dan partai Golkar itu masih ada hubungan walau hanya sedikit-sedikit. Ini jongko tetang SBY masa pilpres yang pertama.

3 Madeg ing paseban jawi, rekyan patih Jaya Prayitna, twin Arya Prabu Bismaka, rembag badhe anguntapaken ing kondorira sang Raja Putra, dumugi ing tepi swiring samya wahana turangga**1. Sowannira samapta gya bidal.

Terjemah
1


4 Madeg ing nagari Garba Sumanda, sang Prabu Kala Yaksa, mios ingadep patih Kala Druendra.**1 Ginem ; dennira angepunga praja Mandura, sedya karsa angrebat garwa narendra Dewi Maera,**2 kang tinuduh angepung praja Mandura, ari nata Arya Endra Yaksa sawadya punggawa ditya, twin patih Kala Madenda**3, patih Kala Druendra atur uninga, manawi samangke Prabu Basudewa minta sraya mring Ngastina, Prabu Pandu Dewanata sampun pangkat saking Praja sedya mring Mandura**4. Sriyaksendra arsa ambiyantu prang mring Mandura**5. Pinambeng deneng patih Druendra**6. Awit kang rayi Arya Endra yaksa sampun mumpuni, manawi sang Prabu karsa ambiyantu, ing wingking kemawon prayogi utusan punggawa rumiyen, sigra nimbali punggawa ditya titiga**7, Kala Dumreksa, Kala Wisaya, miwah Kala Praceka**8, wus sinung dawuh salirring karya, punggawa katri sampun malebda, sandika, amit rinillan lajeng bidal.

Kamus
Garba Sumanda;
Garba = tempat keberadaan
Sumanda = tercium, terdengar samar-samar

Dru Endra;
Dru = dra, cidra, durhaka
Endra = narendra,raja, pemimpin
*Pemimpin yang durhaka

Kala Dum Raksa;
Dum = andum-andum, bagi-bagi
Reksa = reksasa, orang jelek
*Orang jelek yang waktu itu senang membagi-bagi, misal bagi-bagi hadiah
(Ati Apen) = orang yang senang merawat (mengambil) harta milik orang lain

Kala Wisaya;
Wis = sudah
Aya; ayang-ayang, masa lalu
*Orang itu sekarang hanya tinggal bayang-bayang, sudah tidak muncul di pemerintahan lagi.

Kala Praceko;
Pra = para, orang-orang
Ceka = cacat tangannya yang sebelah
*Orang yang jahat / jelek cacat hukum, pelanggar hukum.

Terjemah
1 Sekarang membahas ceritanya orang yang dulu pernah satu partai dengan Yudhayana. Tapi saat ini dia dan golongannya (oknum Golkar / korptor) sedang memiliki perasaan sakit hati terhadap Yudhayana.
2 Oknum Golkar itu sedang berusaha mencari dukungan dari pemerintah Amerika Serikat (ngepung praja mandura). Sedangkan yang dimintai bantuan / dimanfaatkan adalah orang yang baik / simpatik terhadap NKRI (dewi maera)?
3 Semua orang yang memimta bantuan itu adalah orang yang jelek (endra yaksa) serta dilandasi perasaan dendam (kala madenda).
4 Oknum partai Golkar itu sudah mengatahui kalau pemerintah AS meminta bantuan ke Habibie untuk menghentikan keinginan aknum partai Golkar.
5 Dari pihak oknum partai Golkar, ada keingina dari pimpinan tertinggi untuk terjun langsung menjalankan keinginannya.
6 Tapi dicegah oleh anak buahnya, anak buahnya itu sendiri adalah orang yang cidra / pelanggar hukum.
7 Menurut pendapat anak buahnya, cukup anak buahnya sajalah yang berhubungan dengan pemerintah AS.
8 Anak buah oknum partai Golkar itu adalah orang jelek yang turut bagi-bagi hasil korupsi (kala dumreksa), orang yang cacat…(kala praceko) yang kini semuanya tinggal bayangan.
# Mungkin yang dimaksud tinggal bayangan adalah kini mereka tidak punya pengaruh lagi.
#Orang jelek yang andum-andum / bagi-bagi mungkin dia dulu membagi-bagi bantuan atau lainnya. Tinggal bayang-bayang, saat ini orang itu tidak muncul di pemerintahan. Cacat hukum mungkin dia juga melanggar hukum.

5 Madeg ing samadyaning wana, lampahing baris ditya kapapag baris wadya Ngastina, pasulayaning rembag dadya prang. Danawa kaseser, wasana samya sisimpangan ing margi**1.


Terjemah
1 Disaat usaha mereka ketahuan orang-orang yang setia kepada pemerintah, terjadi perselisihan tapi tidak berlanjut. Masing-masing tetap berpegang teguh pada prinsipnya.

6 Madeg ing pratapan Giri Purna, Sang Begawan Wara Bisma**1, amanggihhi ingkang putra Arya Prabu Pandu Dewanata**2, anuwun idin arsa mring Mandura, pinanti sraya prang**3, Sang Resi suka jumurung, mangastuti**4, Arya Prabu Pandu lajeng amit sampun rinillan lajeng bidal dalah parepattiga, Semar, Nala Gareng, Petruk**5.


Terjemah
1 Sekarang membahas ceritanya orang-orang / ulama-ulama yang sudah tidak mementingkan ilmu agama lagi (giri purna) . Mereka itu adalah orang-orang yang mokong (wara bisma).
# Sepertinya cerita ini mengarah pada ceritanya kyai NU yang dikuliahkan ke luar negeri.
2 Ada sesuatu yang akan dibicarakan dengan Habibie.
# Apa yang dibahas ?
3 Habibie mendekat pada ulama-ulama itu dan minta idin / restu untuk mengatasi permasalahan.
4 Ulama-ulama NU mendukung, merestui…


7 Madeg ing madyaning wana, talatah Praja Mandura, lampahipun Arya Prabu Pandu Dewanata kapapag baris ditya saking Praja Garba Sumanda, pasulayaning rembag dadya prang, Danawa pejah sadaya**1. Arya Prabu Pandu Dewanata lajeng lampahipun kaderekaken Semar, Nala Gareng, Petruk**2.

Terjemah
1 Disaat permasalahan sedang ruwet / tegang (Madyaning Wana), dalam usahanya Habibie (Pandu) membantu presiden / pemerintah AS untuk menolak / menggagalkan permintaan dari golongan / partai yang ingin mengagalkan / melengserkan SBY dari capres, antara Habibie dan golongan itu pernah terjadi pertemuan / perselisihan.
2 Habibie terus melanjutkan tugasnya. Semua yang dilakukan Habibie mendapat dukungan dari keamiran LDII dan anak buahnya.
#Habibie dalam menjalankan tugasnya selain minta doa restu dan dukungan dari kyai langitan (Bisma) juga mendapat dukung tapi tidak berlanjut.
#Golongan / partai yang ingin menggagalkan SBY itu pernah minta bantuan pemerintah / presiden AS tapi ditolak. Karena tetap ngotot pemerintah AS kemudian melibatkan Habibie untuk menggagalkannya. Coba diingat-ingat.


8 Madeg ing nagari Mandura, Prabu Basudewa**1, lenggah twin rayi Arya Prabu Setyajid**2, ginem ; Sang Prabu anganti-anti lampahira kang rayi Arya Prabu Bismaka**3. Kasaru datengipun kang raya Arya Prabu Bismaka, matur salirring reh dinuta**4, sampun angsal ing karya, katungka rawuhipun Arya Prabu Pandu Dewanata**5, Sri Basudewa jumeneng angurmati rawuhipun Arya Pandu Dewanata**6. Lajeng lenggah satata. Sasampuning jarwan jinarwan dupi rerep sawatawis Arya Prabu Pandu Dewanata anuhun amit arsa medal ranang gana**7, pinambeng datan kenging, Arya Ugrasena kinen umuring, lajeng bidal**8.

Kamus
Setyajid;
Setya = setia, patuh
Aji = berharga, terhormat
* Orang yang sangat setia kepada AS dan dia orang yang terhormat, semacam Menlu / Duta Besar

Terjemah
1 Sekarang membahas ceritanya pemerintah AS.
2 Yang sedang membahas permasalahan bersama dengan……
3 Serat menunggu hasil kerja dari orang yang simpatik terhadap Indonesia.
4 Kemudian datanglah kabar kalau Habibie turut serta.
# Maksudnya ikut membantu.
5
6
7 Setelah ada komunikasi. Habibie langsung bertindak.
8 Karena tidak bia dicegah, habibie kemudian disertai …
#Di sini diceritakan sepertinya menjelang waktu SBY jadi presiden, ada segolongan orang yang ingin menggagalkan SBY dari kursi kepresidenan. Mereka minta bantuan ke AS. Oleh AS ditolak, mereka tetap ngotot. Untuk menghentikan usaha mereka, pemerintah AS melibatkan Habibie. Kejadian ini juga diketahui oleh Inggris.

9 Madeg ing pakuwon ditya, Arya Endra Yaksa**1, ingadep Patih Kala Madenda tumenggung Kala Prakempa, Kala Badama samya punggawa sureng kewuh**2,. Sang Arya utusan angantep Prabu Basudewa, ngaturaken putri, punapa lumawan ing prang**3. Lagya echa ngandika, nuliya miyarsa susumbar, Arya Endra Yaksa mangkrakkuraya, singa manabda, tengara mijil prang. Arya Ugrasena panggih kaliyan punggawa, prang. Punggawa ditya pejah, Patih mangsah, Arya Ugrasena kalindih**4. Patih yaksa jinemparing Arya Prabu Pandu Dewanata, kenging pejah**5. Arya Endra Yaksa bramantya, prang rame, sami ngaben kasantikan, danguning prang, Arya Endra Yaksa jinemparing pagas jangganira, angemassi**6. Arya Prabu Pandu Dewanata lajeng kondur, pinethuk ingkang raka Prabu Basudewa**7. Binekta lenggah ing pancaniti, ingaturran manjing kadaton karsa, adreng anuwun pamit awit kang rayi anggenipun anggarbini sampun winanci. Prabu Basudewa umiring twin kang garwa Dewi Maera ingiring ari kakalih, Arya Prabu Bismaka twin Arya Prabu Ugrasena, lajeng bidal.

Kamus
Kala Pra Kempo;
Kala = jahat
Pra = para, kumpulan orang
Kempo = kampong / apus-apus / penipu / pendusta

Terjemah
1 Sekarang membahas ceritanya orang yang terus berusaha menghalangi SBY dari kursi kepresidenan (yang pertama).
2 Bersama dengan para pembantu-pembantunya yang berusaha balas dendam, semuanya sedang sibuk.
3
4,5,6 Utusan-utusan dari orang yang ingin menggagalkan SBY yang meminta bantuan ke AS dapat digagalkan / dihentikan.
7 Pak Habibie menyapaikan keterangan pada politisi sesepuh di AS, kalau usahanya berhasil.
#Kejadian sebagian anak buahnya dapat dikalahkan / dihentikan mungkin saat mendekati pilihan presiden putaran kedua.


10 Madeg ing jonggring saloka, Sang Hyang Batara Guru, lenggah ing bale asmara kata, ingadep Sang Hyang Narada, twin Sang Hyang Brama, Sang Hyang Endra, miwah Sang Hyang Maha Darma, Sang Hyang Yamadipati. Sang Hyang miwah ngandika maring Sang Hyang Narada kawontenannipun geger ing Surolaya, gara-gara mageterran tan amendo**1. Resi Narada matur, awitipun Dewi Kunthi badhe ambabar jabang bayi datan luar**2, amargi nyuwun titimbangan kaliyan lairipun Surya Putra, medal saking Karno**3, Sang Hyang Narada twin Sang Hyang Darma ingutus kinen anekseni medalipun jabang bayi saking ngemban-embannan sarta kaparingan nama Arya Punta Dewa**4, sesilih Prabu guna tali karma**5. Sang Hyang Narada twin Sang Hyang Darma, sandika, amit ranillan gya mesat.

Kamus
Guno Tali Krama;
Guna = yang berguna, yang berjasa
Tali = mengikat, mempersatukan
Krama = berkumpul, bergabung
#Orang yang mempersatukan (dunia) bergabung menjadi satu, tidak seperti saat ini, sudah ada PBB tapi masih ada blok-blok, non blok.

Terjemah
1 Ada sebuah permasalahan yang lama tidak segera berhenti akhirnya sampai juga permasalahan itu kemeja PBB.
2 Ada utusan PBB yang menyampaikan keterangan, permasalahan yang sampai kemeja PBB itu adalah permasalahan orang yang dulu pernah belajar ke AS yang kini akan jadi pemimpin keadaanya sedang terhalang / ada yang mencegah.
3 Yang menjadi halangan adalah, ia menginginkan diberihak mengimbangi (titimbangan) golongan yang selama ini selalu didengar (pentagon / adipati karno) dan menjadi penguasa lobi PBB (putraning hyang surya).
# Besok sebelum Presiden Yudhayana terjun mengatasi permasalahan dunia, harus minta diberi hak untuk mengimbangi lobi pentagon di PBB yang selama ini mendominasi lobi PBB. Permasalahan dunia itu antara lain, krisis global.
4 Orang-orang yang baik diminta menjadi saksi atas kemunculan orang yang mumpuni menata.
5 Disebut juga orang yang berguna dalam mempersatukan…
# Presiden Yudhayana suatu saat nanti akan mempunyai tugas mereformasi dunia, menata dunia dengan tatanan dunia yang lebih baik / luhur (Sisilih Prabu Guna Tali Krama).


11 Madeg in nagari Garba Sumanda**1, Sri Yaksendra, lenggah ingadep ginem ; Sang Prabu miyarsa warta, manawi kang rayi Arya Endrayaksa pejah**2. Pejah dening Arya Pandu Dewanata, tumpes tan ana kari, dene samangke ing Mandura suwung, sami dateng Ngastina**3. Sri Yaksendra duka dawuh undang-undang, karsa tindak anglurug maring Ngastina, sigra tenggara, bidal kebut sawadya balanipun.


Terjemah
1 Sekarang membahas ceritanya orang yang sedikit-sedikit ada kesan kalau SBY masih ada hubungan.
2 Pimpinan yang berusaha menghalangi kemunculan SBY mengetahui kalau anak buahnya telah digagalkan.
3 Yang menggagalkan adalah Habibie. Kalau nanti ada usaha besar-besaran hingga perhatian mereka tertuju pada usaha menghentikan bangkitnya nama Indonesia dimata dunia.
# Ceritanya seolah-olah ada orang dari partai golkar yang mempunyai hubungan agak jauh dengan SBY ingin menggagalkan SBY jadi presiden RI. Orang itu minta bantuan ke AS ditolak, tetapi tetap ngotot. Pemerintah AS kemudian melibatkan Habibie untuk menolak / mengurungkan niat keinginan orang itu. Orang itu adalah orang yang pernah terlibat perbuatan jelek / jahat karena membagi-bagi. Tidak ada keterangan jelas yang dibagi itu uang atau jabatan atau sesuatu yang lain.
# Prakiraan kedua. Cerita ini sepertinya menceritakan besok akan ada orang dari AS yang berusaha menghalangi bangkitnya nama Indonesia dimata dunia. Karena bangkitna Indonesia berpelung jadi pesaing berat bagi AS disegala bidang.

12 Madeg ing Wukir Giri Purna, sang resi Wara Bisma**1, ingadhep para siswa. Sang nata Wara Bisma kapi dereng ing karsa**2. Denira arsa twin maring praja Ngastina, karsa nguningani pambabarira ingkang putra Dyah Dewi Kunthi Nali Branta**3, para sisa sami kinen tengga ing pacrabakan sang resi Dewa Brata lajeng tindak**4.

Terjemah
1 Ini ceritanya ulama yang sudah mulai meninggalkan tugas ulama dipondok. Mereka adalah ulama-ulama yang mokong.
2 Mereka sangat menginginkan…
3 Diantara keinginan itu adalah keinginan untuk melibatkan diri dengan sesuatu yang berhubungan dengan kemunculan SBY sebagai orang yang yang berpengaruh.
4 Ulama-ulama ini ingin melibatkan diri, sedangkan murid-muridnya tidak diajak.
# Ulama-ulama NU / Kyai Langitan yang suatu saat nanti mokong / tidak mau berpihak kepada pemerintah RI (Wara Bisma) dan meninggalkan tugas sebagai penyampai ilmu agama di pondok (Giri Purna) merasa sangat menginginkan melibatkan diri dengan sesuatu yang berhubungan kemunculan SBY sebagai orang kuat didunia.

13 Madeg ing nagari Ngastina, Prabu Krisna Dipayana lenggah madyaning datu laya kaliyan garwa, tansah angrakethi putra Dyah Kunthi Nali Branta**1. **. Enget saking wacaning para maharesi nata twin Prabu Basudewa, dalah kang garwa Dewi Maera, ingkang ngiring rayi kakalih**3. Arya Prabu Bismaka twin Arya Ugrasena sigra sami sinambrama pambagya, sami anuhun, Sri Krisna Dipayana awawarta, Dewi Kunthi sampun matek karaos jabang bayi ngentosi dawuhipun Sang Hyang pada winenang, dereng dangu dadiya ngandika, kasaru rawuhira Sang Hyang Kaneka Putra miwah Sang Hyang Darma, angirid kang para widodari**4. Para waranggono tantaha angraketti maring Dyang Kunthi. Sang Hyang Narada sasanti adawuh aken timbalan**5. Saka dawuhe Sang Hyang Sukma kawekas nini Kunthi dennira anggarbini den etok aken ing emban-emban**6, Hyang Narada anyelakki Dyah Kunthi sarwi angening aken panca driya. Prabu Krisna Dipayana twin Arya Prabu Pandu Dewanata, Prabu Basudewa, kaliyan sami anyelakki**7.
Mangkono semadi nira Sang Hyang Kaneka Putra wus katarima, Dyah Kunthi sigra ingusap jabang bayi lahir saking embon-embon mijil priya**8, gumilang wahyu nira**9, gya pinundut putra Sang Hyang Darma Wangsa**10. Sang Hyang adawuh aken timbalan nira Sang Hyang Pada Winenang**11, pinaringungan wasiat nama Arya Punta Dewa**12, sarta pinaringan wasiyat jimat Kalimasada**13. Sang bayi sinidikara ageng sanalika**14, gya binusannan ing Hyang Kaneka Putra**15, miwah sinungsu supe anting-anting manik raja tawa**16, aran kyai balumbang**17, sarwi winangsit Arya Punta Dewa**18, ing tembe kadangira lima**19, kaliyan ingkang saking Dewi Madrim**20. Raden Punta Dewa nuwun Sang Hyang Narada twin para jawata miwah twin para putra sadaya sami manembah**21, para jawata gya mesat, Raden Punta Dewa sigra cinandak sang Resi Dewa Brata, pinangku sarta ingarassan**22, Sri Krisna Dipayana twin putra sadaya wangsul lenggah satata, sami sukeng galih.
Mangkono kasaru gegering jawi, praptanira parang muka saking praja Garba Sumanda**23, Prabu Kala Yaksa, twin patih Druendra sami anjajarah angrisak padusunan**24. Sri Krisna Dipayana sigra sasmita maring putra Arya Widura, miwah patih Jaya Prayitna, samya mijil mapag ing ngadilaga, prapta ing jawi panggih ayun-ayunan Sri Yaksendra campuh prang kaliyan Arya Widura**25. Danguning prang, Sri Yaksendra pejah jinemparing**26. Patih Druwendra mangsah angirid wadya, prang barubuh, sampak, Patih Jaya Prayitna ngamuk punggung, dadal larut tan mangga puliha**27. Sigra sami mundur maring ngabyantara nata manjing pura. Lajeng bojana andra wina.

Kamus
Lahir saka mban-banan = muncul kumpulan dan dia adalah yang paling cerdas.

Darmo Wongso;
Darma = baik
Wangso = keluarga, bangsa, golongan
*Orang yang tergolong / dari golongan orang yang baik

Jimat Kalimasada;
Jimat = sesuatu yang harus dijaga, dirawat
Kalimasada = kalimah sahadat
*Mendapat sebuah wasiat dari orang Islam (Sunan Kalijaga) berupa penerapan nasehat-nasehatnya.

Supe manik raja thawa;
Supe = anting-anting
Manik = maneka, beraneka ragam
Raja = pimpinan
Thawa = nisthawa, orang-orang yang nista
*Kumpulan orang-orang yang berada di arah timur dan sangat jadi perhatian (Pentagon)

Mandura = manungsa duroko / manusia durhaka / Israel
*Yang dimaksud dengan Mandura itu adalah negara Israel. Dalam pewayangan Israel adalah negara bagian dari AS, meskipun tempatnya ada di Timur Tengah.


Terjemah
1 Sekarang membahas tetang ulama sepuh LDII yang terus menjalin hubungan yang erat dengan anggota TNI yang pernah belajar ke AS (kunthi).
2
3 Ingat dengan wacana dari para sesepuh politisi di AS.
# Yang dimaksud dengan politisi sesepuh di AS adalah orang-orang yang melibatkan diri dalam percaturan politik di AS generasi sebelum George Bush.
4 Setelah tiba waktunya kemunculan SBY sebagai orang kuat didunia, waktu itu ada komentar / sanjungan …dari juru penerangan PBB dan disaksikan oleh orang-orang yang terpandang di PBB.
5 Juru penerangan di PBB hanya sekedar menyampaikan keterangan.
6 Kalau orang yang muncul sebagai orang kuat itu adalah orang yang paling cerdas (mbon-mbonnan) diantara WNI yang pernah dikirim untuk belajar di AS (nini kunthi).
7 Keamiran LDII, Habibie dan para politisi sesepuh di AS terus mendekat pada SBY.
8
9 Gemilaang pengetahuannya.
10 Tak lama kemudian dia mendapat julukan sebagai orang yang yang baik…
11 Sekedar menyampaikan keterangan dari PBB / DK PBB.
12 SBY adalah orang yang mumpuni nata / membuat tatanan dunia baru / reformis dunia.
13 Serta mendapat wasiat agar selalu mengikuti nasehat dari jami’atul muslimin yang menetapi kalimah syahadat.
14 Dalam waktu yang tidak lama SBY jadi orang yang sangat diperhitungkan.
15 Tak lama kemudian dia pun mendapat masalah (binusannan).
16 Permasalahan itu adalah dia suatu saat nanti akan jadi bulan-bulanan (sinungsu supe manik) orang yang paling nistha (raja tawa).
17 Pimpinan pasukan dilaut (aran kyai balumbang).
18
19 Suatu saat akan menjalin kemitraan yang kuat yang terdiri dari lima.
20 Termasuk yang berwawasan politik dari Rusia (madrim).
21
22
23
24
25
26
27
#SBY orang yang paling cerdas diantara yang pernah belajar di bidang militer di AS (lahir saking mban-banan)
#SBY adalah orang yang baik hati, berbudi luhur dan berbagai macam sifat kebaikan (Raden Arya Darma Putra).
#Dia adalah pemimpin bangsa yang baik (Darmo Wongso).
#SBY diwasiati / dinasehati suatu saat nanti ikutilah Jamiatul muslimin yang menetapi kalimah syahadat (Jamus Kalimasada).
#SBY orang yang tidak senang / tidak bisa menerima nasehat-nasehat yang berbau jongko atau ramalan, kecuali kalau ada nasehat dengan jongko dari jamiatul muslimin ikutilah. Ini pengecualian.
#Dalam perang dunia / perang tanding nanti SBY akan pontang-panting mempertahankan Indonesia dari serangan kapal induk AS yang membawa pasukan-pasukan pendamping. Semuanya datang dari berbagai arah / penjuru (sinungsu supemanik raja tawa, aran Kyai Balumbung).

Bibar....................Tancep kayon.

Belum disempurnakan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar