Minggu, 03 April 2011

Garuda, Pancasila dan Merah Putih

Assalamu'alaikum wrm wrb

Bangsa Indonesia memiliki lambang yaitu burung garuda, memiliki idiologi Pancasila dan memiliki berdera merah putih. Kalau diteliti dari pewayangan ketiganya ini sepertinya dulu hasil pemikiran dari seseorang yang sudah lama sekali. Mungkin ini hasil pemikiran bangsa Indonesia pada jaman kerajaan Kadiri.

Dalam pewayangan kata-kata yang berawalan "panca" biasanya ada hubungannya dengan pancasila. Diantaranya adalah;
1) Pancanaka. Brotoseno (TNI) mempunyai senjata namanya kuku pancanaka. Berasal dari kata panca / lima, naka / niki / ini. Artinya TNI mempunyai senjata yang sangat ampuh untuk menghadapi manusia yang durhaka (naga). Dalam pewayangan digambarkan brotoseno mempunyai senjata kuku pancanaka.
2) Pancawala. Dari kata panca / lima, wala / nawala / surat / sila. Artinya pancasila itu terdiri dari lima sila / lima surat / kalimat. Dalam pewayangan digambarkan puntadewa mempunyaianak bernama pancawala. Artinya Presiden Yudhayono besuk akan membentuk tim pedoman penghayatan pancasila (P4). Tim ini terpaksa dibentuk karena banyaknya negara yang ingin ahu tentang idiologi pancasila. Setelah tim P4 disebar keluar negeri dalam pewayangan diceritakan dalam lakon pewayangan pancawala kalarung.
3) Pancaniti. panca / lima, niti / teliti artinya memikirkan / meneliti bagaimna caranya supaya pancasila bisa diamalkan. Kalau seorang pemimpin sedang membahas bagaimana caranya agar pancasila bisa diamalkan dalam pewayangan dikatakan mios ing pancaniti.
4) Pancadriyo. panca / lima, driyo / ati, maksudnya resapilah / hayatilah pancasila kedalam hati yang mendalam.
5) Pancawati. Panca / lima, wati / ayu / cantik, maksudnya dia adalah perkumpulan orang-orang yang mengamalkan / memperjuangkan pancasila dengan yang sebenar-benarnya.
6) Pancasuno. Panca / lima, suno /seno / terkuat, inilah senjata yang sangat kuat untuk menghadapi permasalahan, seandainya mengalami permasalahan yang sangat berat kemudian gagal nanti suatu saat akan bangkit / menang.

Semoga keterangan saya ini bermanfaat
Assalamu'alaikum wrm wrb, aaamiiiin.

Tertanda
Jaka Pingit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar